Yasirli Amri, 8 Pertanyaan Pemain Google Adsense Pemula

0
47

Yasirli Amri, Situkangtidur.com, berikut tips – tips seputar 8 Pertanyaan Pemain Google Adsense Pemula,

1. Niche yang tepat untuk blog / web ?
Sebenarnya kalau saya ga terlalu pusing ama niche. Apa yang mau saya buat ya tak buat (selama saya masih menguasai niche atau topik tersebut). Banyak memang pemain google adsense yang demennya ikut-ikutan, misalnya ramainya niche mobil, maka yang lainnya pun ikutan karena katanya CPC nya tinggi, bisa dapat $$$ banyak, dll.

Tapi ketika dijalankan ternyata banyak yang berbeda…Ya jelaslah berbeda. Ketika om tante menjalankan sesuatu yang ga om tante kuasai, akhirnya yang terjadi adalah “puyeng mikir ide artikel, pusing karena hasilnya ga sama, dan bahkan project yang dianggap akan menguntungkan bisa berakhir rugi!” ;)) …

Pilihlah niche yang benar-benar kamu kuasai, tidak sedikit orang yang berhasil di google adsense dan mereka hanya memilih niche simple yang mereka kuasai (ga pakai ikut-ikutan)

Contohnya :
– Buat blog tentang motor. Yang laki biasanya seneng nih oprek-oprek motor. Saat ini masih sedikit publisher yang bener-bener fokus main di motor kaya ini. Kalau misalnya mau lebih sadis lagi, anda bisa main di onderdil motor, mau lebih dalem lagi? coba main trik dan tips motor merek khusus.

– Yang perempuan biasanya pada demen ngerawat kecantikannya, perempuan punya keahlian khusus di bidang “kuliner”, perempuan juga paling jago kalau shopping. Nah itu bisa dijadiin topik untuk blog / web adsensenya.

– Coba ulas tentang Perjaan anda saat ini ? kerjanya dimana, apa yang paling sering anda kerjaan tersebut?. Itu juga bisa dijadikan topik untuk blog atau webnya. Ga banyak orang yang bisa melakukan apa yang anda bisa itu.

– Anda senengnya apa? jalan-jalan? makan di berbagai tempat? seneng travelling sambil belajar atau kegiatan religi. anda bisa dapetin duit dari hobinya itu.

– Anda punya ketrampilan khusus/bisa sesuatu dibidang tertentu? Yes!…buat blog / web dengan niche tersebut.

– Mau yang lebih simple?…Buat blog atau web dengan niche general, targetkan artikel-artikel yang lagi hot, artikel-artikel yang bisa menghasilkan long term traffic. Sumbernya sangat mudah, di google trend, facebook ads, dll banyak tuh bertebaran. Kalau misalnya mau lebih mantap, cari berita yang lagi hot di negara tertentu dan buatlah artkelnya.

2. Tentang Artikel pada blog ?
Gimana cara menulis artikel? kendala saya di nulis artikel om!. Nah sebenarnya anda itu bukannya ga bisa nulis, but too much thinking haha. Jangan terlalu ribet kalau misalnya ga bisa nulis bahasa inggris, cukup buat saja blog bahasa Indonesia atau kalau punya modal silahkan order jasa translate saja.

Untuk artikel ini jangan sekali-kali membuat artikel yang asal-asalan. Artikel dapat sangat berpengaruh ke penghasilan om tante dan artikel juga sangat berpengaruh ke “tahan lamanya akun adsense anda”.

Tips untuk artikel…
– Tuliskan artikel dengan gaya bahasa anda sendiri
– Usahakan artikel seperti bercerita ke pengunjung
– Semakin panjang artikel maka semakin baik (minimal 350 kata)

Ingat lagi, untuk artikel lebih baik lakukan apa yang anda bisa saja, jangan gunakan tools-tools yang aneh, jangan dari translate sana sini. Artikel tuh ditujukan untuk pembaca web/blog anda

3. Penempatan iklan google adsense pada blog ?
Untuk penempatan iklan google adsense sebenarnya ga perlu terlalu pusing. Anda bisa menempatkan 2 iklan google adsense di single post blog atau webnya (pada bagian awal artikel dan pada akhir artikel). Lebih baik hindari menempatkan iklan adsense pada header atau sidebar. Kenapa?…Karena iklan google adsensenya akan semakin sering muncul tetapi jumlah klik sangat kecil. Hal ini akan membuat “value iklan tersebut menurun”.

Pendapatan adsensenya akan lebih mudah gede jika di blognya itu clean (ga ada penawaran lain, ga banyak ini itu), cukup related post, latest post dan yang penting-penting saja

Warna iklan google adsense jangan coba-coba membuat yang aneh. Cukup padukan saja dengan penggunaan warna yang ada di theme blognya.

4. Cara menulis yang bagus untuk SEO ?
Selama saya berkelana di dunia SEO, jujur saja saya jarang memperhatikan SEO artikel yang saya buat. Biasanya ketika menulis artikel, saya hanya akan berusaha menempatkan keyword pada awal paragraph, kemudian di paragraph lain terdapat keyword juga namun penempatan atau bahasanya tetap natural. Saya selalu berusaha agar artikel yang saya tulis bisa membuat pengunjung betah berada di blog saya dan mereka mau melihat artikel-artikel lainnya serta mungkin rela memberikan trackback atau ngeshare artikel yang saya buat.

Lalu gimana tuh artikel bisa mendapatkan posisi yang baik?…Simple aja…Secara ga langsung ketika saya menuliskan artikel, maka penempatan keyword itu sudah tersusun rapi di artikel yang saya buat. Artikel yang saya buat biasanya “rich” dan keyword yang digunakan di mix (diputar)…

5. Pengaturan SEO onpage ?
Untuk SEO onpage, yang sangat penting bagi saya adalah speed, load dan validnya sebuah onpage sebuah blog / web. Semakin kencang speed dan load sebuah blog maka akan membuat robots search engine melakukan crawling. Semakin rapi atau validnya onpage sebuah blog, maka robots akan semakin rajin datang ke blog tersebut. Untuk pengecekan speed load bisa ke gtmetrix.com dan untuk valid onpage, bisa ke validator.w3.org .

Banyak orang yang mumet ketika melakukan optimasi onpage ini. Ya emang, kita harus benar-benar paham, apakah gambar yang ada di website kita sudah cocok ukurannya, apakah theme yang kita gunakan sudah html5 valid, apakah pengaturan heading di blog atau web sudah benar? apakah title, deskripsi dan keyword sudah tepat? dan lain-lainnya. Tapi percayalah, ini sangat penting…Semakin mantep onpagenya, maka webnya akan semakin ok di search engine.

6. Melakukan SEO Offpage ?
Untuk SEO Offpage, biasanya ga perlu terlalu buru-buru. Di dalam SEO offpage kita harus benar-benar paham bagaimana langkah-langkah yang tepat. Apakah seo yang kita lakukan hanya untuk homepage saja dulu, apakah seo offpage tersebut hanya menggunakan keyword (masking saja dl, misal keyword nama domain, klik disini, dll), kapan kita akan menggunakan keyword yang ditargetkan dan lain-lainnya?. SEO ini benar-benar harus terkonsep…Salah-salah blog yang anda SEO-kan bisa berakhir dengan penalty oleh search engine. Blog atau web yang dikhususkan untuk google adsense ga perlu terlalu puyeng mikirin SEO, cukup susun saja konsepnya dan lakukan secara teratur. Misalnya, awal-awal yang diseokan hanya onpage saja dengan menggunakan keyword masking. Selanjutnya di-SEO-kan dengan keyword long tail, dll

Perlu diperhatikan juga…Ketika melakukan seo offpage, Jangan sesekali memberikan “sampah” ke blog atau webnya. Seringkan orang melakukan seo di tempat sampah. Yang mana di tempat tersebut terdapat ratusan OBL, ratusan bad link dan hal-hal buruk lainnya. Jika anda memiliki modal, saran saya gunakan modal itu untuk mencari backlink berkualitas atau gunakan modal itu untuk membangun network sendiri.

7. Pemilihan keyword yang banyak dikunjungi ?
Nah ini pertanyaan yang cukup penting juga. Semakin tinggi trafik blog maka pendapatannya pun akan semakin tinggi. Jika anda sudah menguasai point-point di atas, maka saya yakin anda akan paham bagaimana caranya memilih keyword yang banyak dikunjungi dan bagaimana caranya agar artikel anda bisa ada di halaman pertama google

8. Cara Memanage blog ?
Kebanyakan pemain google adsense hanya buat blog, tulis artikel, kemudian cari trafik yang banyak. Mereka melupakan sesuatu yang cukup penting yaitu memanage blog. Kita harus tau bagaimana caranya agar sebuah blog bisa lebih besar dan lebih besar lagi. Kita harus tau bagaimana caranya mempertahankan pengunjung yang datang ke blog kita, kita harus tau bagaimana cara membangun komunitas sendiri dan kita harus tau bagaimana caranya agar orang langsung datang ke blog tanpa harus mengetikkan keyword di google (mereka langsung ngetik nama blog anda di browser). Itu baru namanya super publisher.

demikian, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga : Yasirli Amri, Situkangtidur Main Adsense (bagaimana menghasilkan dollar dari Google Adsense)

Komentar