Yudhis Adi Nugroho, 5 Cara Gampang Cari Viral Post di Facebook

0
191

Yudhis Adi Nugroho, 5 Cara Gampang Cari Viral Post di Facebook, Sebenernya apa itu sih Viral Post di Facebook, Viral Post adalah dimana sebuah artikel baik berupa gambar, video yang di postingkan oleh anda di facebook dan di share,like oleh orang banyak sehingga menimbulkan ketertarikan pengunjung untuk melihat dan like lebih banyak lagi

dan ini bisa dimanfaatkan/monetize oleh kita untuk dapat dijadikan media promosi produk anda

Sebuah post atau konten bisa menjadi viral itu bukan karena kebetulan. Viral itu diciptakan.
Ada beberapa faktor yang terbukti secara ilmiah di balik viralnya sebuah konten.
Seorang profesor yang bernama Jonah Berger,  menganalisa 10 ribu konten  dan menemukan ada 6 kunci mengapa konten bisa menjadi viral.
Beliau menyebutnya sebagai 6 Key S.T.E.P.P.S
S = Social currency
T = Trigger
E = Emotion
P = Public
P = Practical value
S = Story

Nah karena bahasan disi adalah mencari konten yang viral di facebook, dari 6 faktor tsb yang bisa dicari dengan The Graph adalah EMOTION dan STORY Yuk kita mulai dulu dari Emosi.

Seseorang berbagi karena emosi mereka terpengaruh ketika melihat atau membaca suatu konten.

Ada 2 jenis emosi: yaitu positif dan negatif.
1. Share karena emosi positif
fans barcelona, ketika melihat jagoan nya juara liga, perasaan mereka seneng bukan main dan mereka akan share berita kemenangan jagoannya dan gak berhenti berhenti ngomongin tentang topik itu.
2. Share karena emosi negatif
orang yang berjiwa nasionalis, membaca kebijakan2 buruk yang dilakukan oleh pemerintah, mereka merasa marah, lalu mereka share konten tsb, dan gak berhenti berhenti ngomongin tentang topik itu.

Prinsipnya adalah: “when we care, we share“.
Kita lihat bahwa emosi positif dan negatif sama2 membuat sebuah konten jadi viral.

Tapi yang paling penting bukan jenis emosinya,
Yang membedakan suatu konten lebih viral daripada pada konten lain adalah LEVEL EMOSI nya.
Semakin tinggi level emosi yang terlibat, maka semakin tinggi keinginan orang membagikan konten tsb.
Nah, kita bisa cari emosi orang di facebook karena ketika orang membagikan sebuah konten yang melibatkan emosi.
Karena emosi tsb di ekspresikan dengan kata kata 😀
SO itu dia kuncinya 😀

5 Cara Gampang Cari Viral Post di Facebook

Untuk cari viral post dengan gampang ini butuh tool khusus, nama tool nya The Graph V 3.0

1. Gunakan keyword yang Mengekspresikan Emosi
– Positif  (high aurosal) : mazing, awesome, incredible, cool, lol, cute, wow, epic, keren, hahaha, wkwkwk, subhanallah, masya allah, dsb
– Negatif (high aurosal) : wtf, what the f*ck, what the hell, bastard, parah, gila, anjrit, kampret, bangke, sadis, sialan, terkutuk, astaghfirullah, dsb

Kita bisa pake ekspresi tsb di kombinasi kan dengan topik yang kita cari.
misal: cute cats, amazing talent, lol yoga dsb
Nah udah dapetkan ide nya? 😀

2. Jenis Post yang Engadging
setelah kita tau emosi dan topik yang pengen kita cari, yang perlu di perhatikan adalah JENIS POST yang paling engadging di Facebook yaitu: video, dan photo.
graph fb foto video

3. Filter berdasarkan waktu
Dengan the graph kita bisa memfilter berdasarkan waktu kapan post tersebut di posting.
Jadi kita bisa dapet konten viral yang paling up to date. atau bahkan kita bisa cari konten2 viral di masa lalu untuk kita post ulang. 😀

Filter berdasarkan waktu

4. Rasio LIKE dan SHARE
Ini yang paling PENTING. Dari hasil pengamatan dan percobaan saya sendiri,
yang menentukan konten tersebut viral atau nggak itu BUKAN  JUMLAH like, komen atau sharenya.
Karena JUMLAH interaksi itu relative. Tergantung reach atau jangkauan dari konten tersebut

FP yang jumlah fans nya banyak pasti dapet jumlah interaksi yang banyak juga di setiap postnya
karena reach / jangkauan organik nya besar.
Tapi berdasarkan RASIO atau perbandingan jumlah LIKE dengan SHARE.
suatu post berpotensi viral apabila SHARE di banding LIKE sekitar 20% atau lebih.
dan semakin besar rasio tsb, potensi viralnya makin gede.

contoh,
Post A: 1000 like, 200 share -> potensi viral.
Post B: 1000 like, 1000 share -> viral
Post C: 1000 like, 2000 share -> viral banget
Sekali lagi, patokannya bukan jumlah interaksi. Tapi RASIO like dan share.
Dan bila kita nemu post yang berpotensi viral, kita bisa contek post tsb dan boost reach nya dengan di iklanin beberapa dollar aja..

5. Interest Audience yang sesuai
tentunya kalo kita mau ngiklain post yang viral, kita targeting ke ke audience yang sesuai dengan topik tersebut 😀
Jangan iklan in video anjing lucu ke audience yusuf mansyur. Gak nyambung 😀

Lihat Demo Video Cara Cari Viral  Pos di facebook

LIHAT DETAIL FITUR THE GRAPH

Komentar